42019Apr
Konsultasi tentang Pendengaran di Hearing Center, Apa yang Diharapkan?

Konsultasi tentang Pendengaran di Hearing Center, Apa yang Diharapkan?

Apa yang Anda bissa harapkan saat berjumpa dengan Audiologi pertama kalinya? Sejauh mana Anda harus melakukan konsultasi tentang pendengaran kepada Audiologis?

Terlalu antusias mengunjungi hearing center, membuat beberapa bagian yang seharusnya bisa Anda temukan jawabannya dengan baik, justru terlewatkan. Beberapa orang beranggapan bahwa, hearing center hanyalah tempat untuk Anda melakukan pemeriksaan dan membeli alat bantu dengar. Padahal Anda bisa mendapatkan lebih dari yang Anda pikirkan.

Ketika Anda membeli alat bantu dengar, Anda tidak sekadar mendapatkan alat bantu dengar. Tetapi, Anda juga mendapatkan pelayanan lainnya dari hearing center tempat dimana Anda membelinya. Pelayanan yang akan Anda terima selain dari pemeriksaan adalah konsultasi tentang pendengaran dan alat bantu dengar, fitting, rehabilitasi, atau pelayanan terkait perkembangan Anda setelah menggunakan alat bantu dengar, seperti Free Field Test (FFT) dan lain sebagainya.

Karenanya, penting untuk Anda mengetahui apa saja yang berhak Anda dan Audiologis Anda lakukan pada pertemuan pertama. Sejauh mana wawancara Anda dan Audiologis Anda akan memberikan manfaat untuk semuanya.

Pada pertemuan pertama Anda dengan Audiologis, Audiologis akan mengemukakan beragam pertanyaan untuk lebih mendalami masalah pendengaran Anda. Jangan merasa ragu untuk menjawab pertanyaan mereka, karena dari sana Audiologis bisa mencarikan solusi untuk masalah Anda. Audiologis juga akan membantu mengklasifikasikan tipe gangguan pendengaran apa yang Anda miliki. Konsultasi tentang pendengaran yang pertama ini menjadi sangat penting untuk Anda menilai, sejauh mana hearing center tersebut mau mendalami masalah Anda.

Lalu, apa yang perlu Anda persiapkan pada konsultasi tentang pendengaran pertama Anda dengan Audiologis di hearing center? Informasi berikut mungkin bisa berguna untuk Anda.

1. Datang Bersama Pendamping

Jika Anda memiliki maslaah pendengaran, akan lebih baik jika Anda datang bersama dengan teman, keluarga atau pasangan Anda ke hearing center. Pertemuan pertama ini, akan banyak informasi dan edukasi yang disampaikan oleh Audiologis. Karenanya, pertemuan ini akan menjadi sangat penting.

Pendamping Anda juga akan membantu untuk menerima dan menyerap informasi, sehingga tidak ada bagian yang terlewatkan untuk Anda ketahui. Anda juga akan merasa lenbih nyaman saat berkomunikasi dengan audiologis ketika Anda tidak sendirian.

2. Riwayat Kesehatan Anda Penting

Sama halnya ketika Anda berkonsultasi ke dokter, dimana dokter akan membuka kembali riwayat kesehatan Anda, begitu juga saat bertemua Audiologis. Audiologis Anda akan bertanya mengenai riwayat kesehatan, khususnya yang berhubungan dengan telinga Anda, seperti apakah Anda pernah memiliki infeksi telinga, pernah menjalahi operasi pada telinga atau otak, pernah mengalami infeksi torch saat mengandung si buah hati dan lain sebagainya. Audiologis juga akan bertanya bagaimana komunikasi Andda sehari-hari pada ssaat ini. Pengetahuan ini penting untuk menyingkirkan diagnose yang tidak tepat atas penyebab gangguan pendengaran yang Anda alami.

3. Analisa Komunikasi Keseharian

Tidak hanya melakukan konsultasi tentang pendengaran, Audiologis Akan melakukan analisa tentang bagaimana Anda berkomunikasi saat ini. Melalui wawancara, dia bisa melihat sejauh mana kemampauan Anda berkomunikasi tanpa alat bantu dengar. Dia juga akan bertanya tentang kesibukan Anda saat ini seperti,a pakah Anda aktif bekerja, hobi yang Anda sukai, apakah Anda mudah berkeringat, suka bepergian ke tempat yang bising dan lain sebagainya.

Anda harus menjawabnya sebagaimana diri Anda saat ini. Informasi ini akan sangat penting bagi Audiologis untuk mengetahui sejauh mana Anda membutuhkan alat bantu dengar, dan tipe apa yang sesuai dengan Anda, merujuk dari keseharian Anda.

4. Konseling Psikologis

Banyak pengunjung datang ke hearing center dalam perasaan yang tidak baik. Mereka merasa sangat rendah diri karena memiliki gangguan dengar. Orang tua yang mengantar anak-anaknya untuk pemeriksaan juga cenderung bingung dan menyangkal keadaan.

Ceritakan pada Audiologis bagaimana perasaan Anda pada saat ini. Audiologis juga akan membantu Anda menyetabilkan emosi Anda dengan memberikan pengalaman-pengalaman mereka yang juga menggunakan alat bantu dengar. Audiologis akan mencarikan solusi untuk membantu proses mendengar Anda lebih baik sehingga Anda tak perlu lagi minder, dan anak-anak bisa mengejar ketertingalannya. Jika diperlukan, Audiologis dapat membantu Anda menghubungi psikolog atau ahlinya terapi wicara agar proses mendengar dan bicara Anda berjalan singkron.

Pastikan pengalaman pertama Anda bertemu Audiologis menyenangkan dan Anda mendapatkan manfaat dari pertemuan tersebut ya!




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *